Dompet Dhuafa Bersama Bina Trubus Swadaya Gelar FGD Kebudayaan Nusantara

Jakarta – Dompet Dhuafa dan Bina Trubus Swadaya melaksanakan kegiatan Fokus Group Diskusi dengan mengangkat judul “Revitalisasi Cerlang Budaya Lokal Dalam Membangun Karakter Bangsa Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat” pada Rabu (29/05/2024) di Jakarta.

Hadir dalam kegiatan ini, Parni Hadi selaku Ketua Dewan Pembina sekaligus Inisator Dompet Dhuafa, Bambang Ismawan, selaku ketua Yayasan Bina Trubus Swadaya, Bambang Wiwoho Selaku ketua yayasan suluk nusantara.

Rahmad Riyadi selaku ketua panitia acara memberikan sambutannya. Menurutnya kegiatan FGD ini diperlukan untuk memahami perubahan budaya, dan mengantisipasi masuknya budaya budaya asing. Tidak hanya itu, budaya kuliner pun turut disinggung. Seperti misalnya masakan rendang yang pernah dinobatkan menjadi makanan paling enak di dunia.

Menurutnya, paparan globalisasi dan teknologi pun turut berperan dalam mengikis budaya nasional.

Di kesempatan yang sama, Parni Hadi menyinggung soal tingkat kemiskinan yang belum menurun. Dia pun berharap agar FGD ini menghasilkan sesuatu yang kongkrit dan dapat diaplikasikan. Parni juga menyinggung soal mental korup dan menandakan kemorosotan budi pekerti.

Bambang Ismawan, Ketua Pembina Yayasan Bina Trubus Swadaya

Di sambutan berikutnya, Bambang Ismawan menyatakan bahwa komitmennya dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat terus dilakukan melalui Yayasan Bina Trubus Swadaya. Ia pun menyinggung soal kemiskinan dan ekonomi kecil yang berkaitan dengan kegiatan UMKM.

 

Bambang Wiwoho – Ketua Pembina Yayasan Suluk Nusantara

Bambang Wiwoho sebagai Ketua Yayasan Suluk Nusantara dalam sambutannya juga menyampaikan bersyukur dalam perjuangannya melestarikan budaya nusantara dapat dukungan konkrit dari Dompet Dhuafa.

Suluk Nusantara tidak hanya merupakan wasah pelestarian kebudayaan, tetapi juga merupakan wadah kegiatan bagi para lansia agar tetap sehat di usia senja, ucap Bambang Wiwoho.

The post Dompet Dhuafa Bersama Bina Trubus Swadaya Gelar FGD Kebudayaan Nusantara appeared first on KBK | Kantor Berita Kemanusiaan.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *