DPUPR dan TP PKK Minta Masyarakat Jaga Ketersediaan Air Bersih, dan Kelola Limbah Domestik

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, bersinergi dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pekalongan dalam rangka menyosialisasikan penyediaan air bersih serta, pengelolaan limbah domestik di aula DPUPR setempat.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengungkapkan, bahwa melalui kegiatan ini para ibu PKK diajak untuk menyosialisasikan ke masyarakat untuk menjaga ketersediaan air bersih di Kota Pekalongan.

“Kota Pekalongan ini kota kecil yang sumber airnya dari sumur tanah, dan bagaimana upaya kita bersama agar air tak tercemar,” kata Ketua TP PKK Kota Pekalongan, Inggit Soraya, Selasa (2/7/2024).

Menurut Inggit peran ibu PKK sangat diperlukan. Oleh karena itu, mereka harus diberi pengetahuan agar sama-sama menjaga lingkungan. 

Sementara itu Sekretaris DPUPR, Rizka Septia Wulandari menjelaskan, kerjasama dengan PKK sudah mulai sejak 2023 terkait sosialisasi air bersih dan pengelolaan limbah domestik ini. 

“Dengan topografi perkotaan, kita tidak punya sumber mata air baku dan air bersih. Jadi, murni sumber dari dalam sumur pamsimas untuk memenuhi kebutuhan warga dan industri.”

“Bisa dibayangkan berapa banyak yang legal maupun ilegal,” terangnya. 

Rizka memohon, untuk disosialisasikan di kelurahan dan di kecamatan pentingnya untuk menjaga alam. 

Lalu, kebutuhan air bersih juga dari PDAM tapi sama juga dari sumur dalam dan kerjasama SPAM Petanglong sehingga akan semakin banyak sumur dalam.

“Ada 500 yang resmi, dan yang ilegal sangat banyak.”

“Isu penurunan muka tanah salah satunya akibat adanya sumur dalam. Pemanfaatan air yang tidak terkendali semakin menambah penurunan muka tanah,” ucapnya.

Lalu, untuk cara pengendaliannya yaitu dengan pemanfaatan sumur biopori. Terkait limbah domestik, pihaknya menekankan upaya untuk memastikan tidak ada aktivitas BAB secara sembarangan dan terselubung. (Dro)

Sumber: Tribun Jateng

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *