Jaga Kualitas Pendidikan, Dosen dan Tendik FEBI UIN Saizu Dapat Penguatan Kurikulum Berbasis OBE

TRIBUNJATENG.COM – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE), di Ruang Rapat Lantai 2, Selasa (2/7/2024). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di masing-masing prodi di FEBI.

Wakil Dekan 1 FEBI UIN Saizu Purwokerto, Dr. H. Akhmad Faozan, Lc. M.Ag., menyampaikan, peserta kegiatan dihadiri Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, Ketua Jurusan, Koordinator Program Studi (Prodi), dan Dosen termasuk Tenaga Kependidikan (Tendik) FEBI.

Workshop Penguatan Kurikulum Berbasis OBE

Menurutnya, Kurikulum Berbasis OBE adalah pendekatan dalam penyusunan kurikulum yang menempatkan fokus utama pada hasil yang diharapkan dari pembelajaran. Pembelajaran yang jelas dan terukur ditetapkan terlebih dahulu, kemudian proses pembelajaran dirancang untuk mencapai tujuan-tujuan.

“Kami apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang telah mensukseskan kegiatan ini. Penting kerjasama antar-PTKIN dalam mengembangkan kurikulum berbasis OBE, guna menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja,” ujarnya.

Konsep utama dari kurikulum berbasis OBE adalah setiap program pendidikan harus diarahkan untuk menghasilkan hasil yang konkret dan terukur pada tingkat pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai. Ini berarti, pembelajaran tidak hanya berkutat pada transfer pengetahuan.

Akan tetapi juga pada penguasaan keterampilan praktis dan perkembangan sikap yang diinginkan. “Workshop Kurikulum Berbasis OBE ini merupakan wadah bagi para pimimpinan untuk berbagi pengalaman, best practice, dan diskusi mendalam mengenai implementasi kurikulum berbasis OBE,” jelasnya.

Diharapkan hasil dari kegiatan ini akan mendorong perbaikan kurikulum di Kampus kita ini, sesuai dengan perkembangan zaman dan tuntutan dunia industri. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menghasilkan rekomendasi dan pedoman bagi para perguruan tinggi untuk mengadopsi pendekatan berbasis OBE.

Yakni dalam merancang kurikulum yang relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar kerja. Sehingga, lulusan dari FEBI UIN Saziu akan semakin siap menghadapi tantangan di dunia nyata. Salah satu keunggulan dari kurikulum berbasis OBE adalah memungkinkan pendidik dan pembuat kebijakan.

Sehingga lebih fokus pada apa yang benar-benar ingin dicapai oleh siswa, daripada hanya memusatkan perhatian pada materi pembelajaran. Dengan menetapkan tujuan-tujuan pembelajaran yang jelas dan terukur, evaluasi pembelajaran dapat dilakukan secara efektif untuk mengukur sejauh mana mahasiswa telah mencapai hasil yang diinginkan.

“Workshop Kurikulum Berbasis OBE diharapkan menjadi langkah konkret dalam menjaga kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam, sekaligus membantu memajukan visi dan misi FEBI UIN Saizu sebagai lembaga pendidikan yang unggul, Progresif dan Integratif,” harapnya.

Hadir sebagai pemateri utama, Dr. Ruspita Rani Pertiwi, S.Psi, MM yang merupakan ketua Program Studi Perbankan Syariah (PS) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dia menyampaikan materi mengenai Konsep dan Implementasi Pendidikan Berbasis Capaian (OBE).

Dalam materinya, Ruspita mengharapkan kepada seluruh peserta setelah mengikuti workshop tersebut nantinya mampu membedakan konsep pendidikan berbasis input-output dengan berbasis outcome.

Kemudian, mampu memformulasikan profil lulusan, CPL, dan CPMK, mendesain kurikulum berbasis CP, mendesain asesmen hasil pembelajaran, mendesain RPS. Selain itu, mengidentifikasi peluang perbaikan implementasi OBE secara sistematik di setiap program studi.

BERITATERKAIT

Ikuti kami di

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *